Yogyakarta merupakan surga belanja bagi sebagian orang yang sedang berliburan di kota ini. Para wisatawan pada umumnya selalu menyisipkan waktu untuk berbelanja disela-sela kegiatan liburan mereka. Beberapa kawasan belanja yang ada di Yogyakarta selalu diserbu oleh para pelancong yang ini membeli barang-barang yang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau untuk pribadi. Oleh sebab itu kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo yang menjadi pusat perdagangan tidak pernah sepi dan selalu ramai oleh kegiatan jual beli. Untuk berbelanja di Yogyakarta ada trik-trik tersendiri agar mendapat harga yang murah, berikut tiips berbelanja di Yogyakarta versi kami.

1. Gunakan Bahasa Jawa

Pada umumnya para pedagang yang ada di kawasan Malioboro atau Pasar Beringharjo akan memberi harga yang cukup tinggi bagi para calon pembeli yang mengunakan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu gunakanlah bahasa Jawa saat tawar menawar. Jika Anda bukan orang Jawa dan tidak bisa bahasa Jawa tetap berusaha mengunakan bahasa Jawa sederhana seperi “Piro mas?” atau kalimat sederhana lainnya. Biasanya pedagang akan tertawa atau tersenyum dan akan memberikan harga yang lebih murah.

2. Berani Menawar

Hal terpenting dalam belanja atau membeli oleh-oleh adalah berani menawar. Di pusat oleh-oleh yang ada di Yogyakarta, pembeli harus berani menawar barang yang diinginkan. Tentu saja hal ini berlaku di tempat-tempat perbelanjaan seperti Pasar Beringharjo atau di pasar seni di Borobudur dan Prambanan, serta di sepanjang emperan Malioboro. Di kawasan ini pembeli wajib menawar dan jika usaha menawar Anda tidak berhasil naikkan sedikit demi sedikit tawaran Anda atau berjalanlah ke lain pedagang yang menjajakan barang yang sama.

3. Teliti

Saat berbelanja di kawasan wisata Yogyakarta seperti di Pasar Seni Borobudur atau Prambanan dan juga di Malioboro telitilah barang yang ingin Anda beli. Hal ini wajib dilakukan karena terkadang banyak barang-barang yang kualitasnya tidak baik yang diperdagangkan di kawasan ini. Pastikan kualitas barang yang Anda beli sesuai dengan yang Anda inginkan.  Jadi jika tidak ingin kecewa saat membeli barang yang kualitasnya ternyata tidak baik maka telitilah sebelum Anda membelinya.

4. Jangan Ngotot

Saat berbelanja tidak perlu ngotot. Jika Anda telah mendapatkan barang yang Anda inginkan tawarlah sebaik mungkin. Jika dalam proses tawar-menawar ternyata harganya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan maka sebaiknya Anda berpindah ke tempat yang lain karena di kawasan perbelanjaan umumnya para pedangan menjualkan barang-barang yang sama dan siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah di pedagang lainnya.

Demikian penjelasan mengenai tips atau saran berbelanja saat liburan di Yogyakarta. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi Anda semua saat berbelanja di kala berlibur di Yogyakarta.

Call Now
Whatsapp