Yogyakarta terkenal dengan museum-museumnya yang menyimpan berbagai macam koleksi. Koleksi-koleksi yang dipamerkan pun bervariasi dari peninggalan budaya dari zaman Kerajaan Medang atau Mataram Hindu hingga benda-benda pribadi dari tokoh yang pernah hidup di Yogyakarta. Museum-museum tersebut tidak semuanya dikelola oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah sebagian museum dikelola oleh yayasan atau pribadi yang ingin membantu melestarikan berbagai macam benda yang dianggap memiliki nilai sejarah dan nilai budaya yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Dari sedemikian banyak museum ada beberapa museum yang dimiliki oleh yayasan dan pribadi antara lain: Museum Affandi, Museum Ullen Sentalu dan Museum Batik Yogyakarta. Museum-museum tersebut bisa dikatakan merupakan museum yang menyimpan koleksi-koleksi terbaik dan tak ternilai harganya. Benda-benda yang dipajang di museum tersebut umumnya merupakan koleksi pribadi atau barang milik perorangan namun kemudian dibuka untuk umum agar masyarakat dapat melihat dan menyaksikan benda-benda tersebut.

Museum Affandi

Museum pertama adalah Museum Affandi, museum ini seperti namanya merupakan museum milik keluarga maestro pelukis terkenal indonesia yaitu Affandi. Affandi yang menghabiskan masa hidupnya di Yogyakarta Menghasilkan banyak lukisan. Saat ini banyak di pajang di rumah pribadinya yang sekarang difungsikan sebagai museum. Di museum ini, pengunjung bisa menikmati lukisan-lukisan sang maestro yang menghabiskan waktunya dengan melukis aliran ekspresionis dan romantisme yang khas. Di museum ini tidak hanya dipajang lukisan Affandi tetapi juga sketsa buatan pelukis ini. Selain itu terdapat beberapa ruangan yang berisikan lukisan dari anak serta cucu Affandi. Lukasan tersebut juga bisa dinikmati saat berada di museum ini.

Museum Ullen Sentalu

Selanjutnya adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini adalah museum pribadi yang khusus menyimpan benda-benda peninggalan budaya Jawa. Di museum ini tersimpan berbagai macam artefak-artefak mula dari Kerajaan Medang hingga kerajaan Mataram Islam beserta pecahannya. Pengunjung yang datang ke museum ini bisa melihat berbagai macam koleksi seperti arca, gamelan, lukisan anggota kerajaan, foto pribadi, puisi putri raja, koleksi batik, dan masih banyak lagi. Semua koleksi tersebut memiliki nilai budaya yang sangat tinggi dan menjadi harta yang harus terus dilestarikan oleh generasi penerus bangsa. 

Bagi Anda yang ingin membutuhkan rental mobil Solo untuk liburan bisa menghubungi rentalmobilsolo.net

Call Now
Whatsapp