Kabupaten Sragen yang berada di sisi utara  Kota Solo memiliki sebuah objek wisata yang digemari oleh wisatawan yang menyukai sejarah dan juga tertarik dengan kehidupan purbakala.  Tempat wisata tersebut adalah Museum Fosil Sangiran yang merupakan museum yang berisikan benda-benda purbakala yang merupakan cikal bakal orang Jawa pada masa pra sejarah. Museum Fosil Sangiran merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Situs ini memiliki luas sekitar dari 56 km². Kawasan ini berada di tiga kecamatan di sragen yaitu Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh dan juga satu kecamatan di Karanganyar yaitu Gondangrejo.

Museum Fosil Sangiran sudah lama menjadi surganya para peneliti khususnya bagi para arkeolog. Di museum ini dapat diperoleh informasi yang sangat lengkap mengenai pola kehidupan manusia purba di Jawa yang mendiami kawasan ini. Di kawasan ini berbagai macam cabang ilmu pengetahuan seperti Arkeologi, Antropologi, Geologi, dan Paleoanthropologi bisa dipelajari. Semuanya berkat penemuan-penemuan besar yang terdapat di lokasi ini.

Bagi wisatawan yang datang ke museum ini mereka bisa menyaksikan diorama-diorama yang ada di dalam museum. Diorama yang dipasang antara lain mengenai kehidupan manusia purba saat hidup di masanya. Selain itu terdapat pula berbagai macam koleksi yang tak bernilai harganya seperti, tulang manusia purba, alat perkakas mereka, alat berburu, dan kuga terdapat relik-relik yang disusun secara lengkap di dalam museum ini.

Lokasi Museum Fosil Sangiran:

Museum Fosil Sangiran di Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Lokasinya berada di cukup jauh dari kota Solo yaitu membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan mengunakan kendaraan pribadi. Akses cukup mudah namun tidak banyak kendaraan umum yang menuju kawasan ini.  Sebaiknya mengunakan kendaraan pribadi untuk datang tempat ini. Bagi wisatawan yang sedang wisata di Solo bisa mengunjungi destinasi wisata ini dengan sewa mobil Solo jika datang dalam rombongan.

Tiket dan Jam Buka Museum Fosil Sangiran:

Museum Fosil Sangiran buka setiap hari mulai dari Selasa hingga Minggu dan hari senin tutup. Jam bukanya mulai pukul 08:00 – 14:30 WIB  . Tiket masuk kawasan ini adalah Rp. 5.000,- per orang dan bagi wisatawan asing tiketnya Rp. 7.500,-.

Tips Wisata Museum Fosil Sangiran:

  1. Gunakan busana yang enak untuk dipakai berkeliling museum.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman dipakai untuk mengelilingi museum.
  3. Abadikan setiap momen kebersamaan di museum ini.
  4. Jagalah kebersihan kawasan museum.
  5. Jangan merusak dan mencoret koleksi museum.
Call Now
Whatsapp